6 Jalur Kereta Api Terunik di Dunia

Maeklong, Thailand

jalur kereta api unik thailand

Di Maeklong, Thailand terdapat sebuah pasar tradisional yang menjual makanan yang terletak tepat di atas rel kereta api. Pada saat kereta akan lewat, para pedagang segera merapikan dagangannya nya melipat plastik yang menjadi atapnya agar tidak tertabrak atau terlindas oleh kereta. Seketika setelah kereta lewat, pedagang kembali meletakan dagangannya di atas rel dan memasang atap lapak mereka. Seketika pasar pun kembali beraktifitas.


Kereta Napier - Gisborne, New Zealand

jalur kereta api unik new zealand

Di New Zealand, ada sebuah rel kereta yang digunakan oleh kereta tujuan Napier – Gisborne yang jalurnya memotong Bandara Gisborne (Gisborne Airport). Kereta harus berhenti terlebih dahulu untuk meminta izin dari menara kontrol Bandara untuk memastikan landasan dalam keadaan kosong. Di sana, pemandangan kereta uap tahun 1939 sudah hal yang umum.

The Tren a las Nubes, Argentina

jalur kereta api unik argentina

The Tren a las Nubes (Kereta menuju awan) adalah layanan kereta wisata di Provinsi Salta, Argentina. Layanan ini berjalan di sepanjang bagian timur garis  C-14 Ferrocarril General Manuel Belgrano, menghubungkan Argentina Northwest dengan perbatasan Chili di pegunungan Andes. Jalur Kereta ini terletak pada lebih dari 4.220 meter (13.850 kaki) di atas permukaan laut, sehingga menjadi jalur kereta api tertinggi ketiga di dunia. Awalnya dibangun karena alasan ekonomi dan sosial. Namun sekarang menjadi obyek wisata sebagai kereta api warisan.
Jalur kereta api ini memiliki 29 jembatan, 21 terowongan, viaduk 13, 2 spiral, dan 2 zigzag. Karena  didesain tidak memakai sistem rack-and-pinion untuk traksi, rute harus dirancang untuk menghindari tanjakan curam. Para zigzag memungkinkan kereta api untuk mendaki, perjalanan naik-turun sejajar dengan kemiringan gunung.

The Tunnel of Love, Ukraina

jalur kereta api unik ukraina

The Tunnel of Love adalah salah satu jalur rel kereta yang indah di Klevan, Ukraina. Rel kereta api sepanjang tiga kilometer yang mengarah ke pabrik papan serat. Kereta yang melewati tempat ini lewat tiga kali sehari untuk mengantarkan kayu ke pabrik. Pohon-pohon membuat terowongan hijau, yang menarik banyak pasangan, serta fotografer untuk mengabadikan kesempatan tersebut.

Dikatakan juga bahwa jika kamu dan kekasihmu datang ke Tunnel of Love ini dan membuat permohonan yang tulus, maka permohonannya itu akan terwujud.

Trans-Siberia, Rusia

jalur kereta api unik rusia

Trans-Siberian Railway adalah jalur kereta api yang menghubungkan Moskow dengan Wilayah Timur Terjauh dari Rusia dan Laut Jepang. Ini adalah jalur kereta api terpanjang di dunia. Dari jalur ini, ada jalur yang menghubungkan  ke Mongolia, China, dan Korea Utara. Jalur ini telah menghubungkan Moskow dengan Vladivostok sejak 1916 dan masih terus berkembang sampai sekarang.

Konstruksi Full-time Trans-Siberian Railway dimulai pada tahun 1891 dan termasuk program dan pengawasan dari Sergei Witte, yang saat itu menjabat Menteri Keuangan. Pengerjaannya mirip dengan First Transcontinental Railroad di Amerika Serikat, yakni memulai pembangunan di kedua ujungnya yang berjalan menuju titik tengah.

The Landwasser Viaduct, Swiss

jalur kereta api unik swiss

Swiss adalah negara yang memiliki pegunungan yang luas. Sebelum abad ke-19, daerah pegunungan berarti sulit untuk melakukan perjalanan ke tempat lain, akibatnya komunikasi pun terhambat. Pada abad ke-19 dan ke-20, Insinyur kereta api Swiss dipaksa untuk inovatif, imajinatif, dan berani untuk membangun sistem kereta api gunung yang kompleks dan efisien. Hal ini karena tidak hanya perencanaan dan membangun rute pegunungan yang sulit, tetapi juga harus membangun banyak jembatan dan terowongan yang dibutuhkan untuk menyeberangi daerah pegunungan yang ekstrim. Sampai sekarang, Swiss masih berinvestasi besar-besaran untuk jalur kereta api mereka,hal ini membuatnya menjadi salah satu yang paling efisien dan maju di dunia.

Salah satu prestasi yang paling mengesankan adalah pembangunan Landwasser Viaduct yang dibangun pada tahun 1902 yang melewati pegunungan.Dan hal ini dapat dilihat di brosur-brosur liburan di Swiss yang menampilkan jembatan-jembatan kereta yang indah.

0 Komentar untuk "6 Jalur Kereta Api Terunik di Dunia"

Apa komentar Anda mengenai artikel di atas tadi?
(U comment I follow)
Apa Maksudnya?KLIK DI SINI
Untuk para blogger yg blog nya ingin di FOLLOW atau SEKEDAR dikunjungi, silahkan isi komentar kamu disertai alamat blog mu.. nanti ane follow.. follow balik ya.. :D

Diharap jangan spamming di sini ya!!