Cara Membedakan Telur yang Tidak Segar

Kebanyakan ibu rumah tangga senang menyimpan telur di dapur. Padahal, tak setiap hari telur digunakan sehingga tersisa beberapa yang disimpan dalam waktu panjang.

Nah, bagi Anda yang tak yakin telur tersebut masih segar atau tidak, ada beberapa cara mengeceknya, seperti dilansir situs Tip Nut:

1. Genggam telur di tangan dan goyangkan secara lembut. Jika Anda mendengar bunyi gemerutuk, itu tanda telur tersebut tidak begitu segar. Telur yang masih segar, putih dan kuningnya akan melekat di dinding telur, jadi ketika diguncang tidak akan berbunyi.

2. Jika masih susah membedakan, masukkan telur ke dalam wadah berisi air. Lihat, apabila tenggelam berarti telur masih segar dan sebaliknya, telur tidak lagi layak konsumsi bila mengapung.

3. Cara termudah, ketika Anda memecahkannya di wajan dan putih telur menyebar dari kuningnya, maka telur sudah tidak segar. Telur yang baik, bagian putihnya akan menempel dengan kuningnya.

4. Warna kuning telur juga dapat dilihat, jika masih segar warnanya akan kuning tua cerah dan jika sudah lama warnanya akan memucat. Namun, cara ini tidak manjur sepenuhnya karena pola pakan ayam banyak mempengaruhi warna telur.
0 Komentar untuk "Cara Membedakan Telur yang Tidak Segar"

Apa komentar Anda mengenai artikel di atas tadi?
(U comment I follow)
Apa Maksudnya?KLIK DI SINI
Untuk para blogger yg blog nya ingin di FOLLOW atau SEKEDAR dikunjungi, silahkan isi komentar kamu disertai alamat blog mu.. nanti ane follow.. follow balik ya.. :D

Diharap jangan spamming di sini ya!!