Akhir Tahun ini Indonesia bakal punya Peta Digital, loh!

 Badan Informasi Geospasial (BIG) sedang menggarap pembaruan peta Indonesia dalam bentuk digital. Saat ini peta digital dengan skala 1:250.000 sudah rampung dan memetakan sampai tingkat provinsi, selanjutnya adalah peta digital dengan skala 1:50.000.

"Kita sedang upgrade semua ini sampai seluruh desa di seluruh Indonesia tergambarkan. Sekarang sudah bisa menggunakan skala 1:250.000 yang memperlihatkan provinsi-provinsi Ina," terang Kepala Badan Informasi Geospasial, Asep Karsidi, dalam talk show Peta Terintegrasi untuk Kesejahteraan Rakyat, Jakarta, Senin (24/9/2012).

"Akhir 2012 ini insya Allah sudah mutakhir, kita sedang menggarap skala yang lebih besar," imbuhnya.

Dia menerangkan, saat ini peta Indonesia yang dalam bentuk hardcopy telah menggambarkan sampai tingkat kecamatan. Sedangkan yang akan diselesaikan BIG akhir tahun ini adalah peta digital pada skala 1:50 ribu dan 1:10 ribu.

Peta digital tersebut rencananya akan digunakan sebagai alat pendukung one map policy atau peta terintegrasi. Hal ini dilakukan karena keberadaan satu peta baku sebagai referensi pemetaan akan memberikan berbagai dampak positif, terutama dalam hal pengambilan kebijakan. 

"Di era digital ini sekarang, kalau kita tidak menyusun peta tematik bersumber satu referensi tidak bisa diintegrasikan atau dimanfaatkan," ungkap Asep.

"Pemetaan geospasial itu untuk pembangunan dasar. Selanjutnya tidak perlu ke lapangan, karena bisa pakai citra satelit," pungkasnya.
0 Komentar untuk "Akhir Tahun ini Indonesia bakal punya Peta Digital, loh!"

Apa komentar Anda mengenai artikel di atas tadi?
(U comment I follow)
Apa Maksudnya?KLIK DI SINI
Untuk para blogger yg blog nya ingin di FOLLOW atau SEKEDAR dikunjungi, silahkan isi komentar kamu disertai alamat blog mu.. nanti ane follow.. follow balik ya.. :D

Diharap jangan spamming di sini ya!!