Sistem Cetak Warna dengan NanoTeknologi Mulai Dikembangkan

SINGAPORE - Ilmuwan mengembangkan cara baru pencetakan warna dengan menggunakan nanoteknologi. Dengan cara ini, maka dapat dihasilkan tingkat resolusi warna yang tertinggi.

Dilansir ABC Science, Senin (13/8/2012), peneliti mengatakan, teknologi baru ini akan memiliki aplikasi di bidang yang tersebar luas sebagai enkripsi keamanan dan anti-pemalsuan. Selain itu mendukung optik penyimpanan data dengan kepadatan tinggi serta dapat memangkas kebutuhan listrik untuk monitor komputer.

Teknik yang dikembangkan Karthik Kumar dan timnya dari Agency for Science, Technology and Research Singapore ini menyajikan pencetakan full-colour pada batas difraksi optik. Memberikan resolusi hingga 100 ribu titik per inci.

"Melihat tingkat resolusi tertinggi, merupakan bagian dari tantangan. Karena ini menggunakan cahaya di sekitarnya, layar komputer tidak perlu terus-menerus untuk kembali menyala. Ini menghemat daya baterai," ujar Kumar.

Proses baru ini diterbitkan dalam jurnal Nature Nanotechnology. Ilmuwan menggunakan bahan film perak-emas berukuran kecil yang dilapisi struktur disk nano yang dibangun di atas relfektor bagian belakang, yang juga dilapisi dengan bahan film perak-emas.

Cahaya menyentuh struktur mikroskopis ini, kemudian tersebar pada panjang gelombang yang berbeda. Warna dan nada cahaya yang dipantulkan, tergantung pada diameter nano-disc.

Wikipedia menerangkan, nanoteknologi mencakup pengembangan teknologi dalam skala nanometer, biasanya 0,1 sampai 100 nm (satu nanometer sama dengan seperseribu mikrometer atau sepersejuta milimeter). Istilah ini kadangkala diterapkan ke teknologi sangat kecil. (fmh)
0 Komentar untuk "Sistem Cetak Warna dengan NanoTeknologi Mulai Dikembangkan"

Apa komentar Anda mengenai artikel di atas tadi?
(U comment I follow)
Apa Maksudnya?KLIK DI SINI
Untuk para blogger yg blog nya ingin di FOLLOW atau SEKEDAR dikunjungi, silahkan isi komentar kamu disertai alamat blog mu.. nanti ane follow.. follow balik ya.. :D

Diharap jangan spamming di sini ya!!