Ngomik.com : Portal Bagi Para Pecinta Komik


Ngomik.com, sebuah layanan bagi para komikus untuk memajang karya mereka, telah merilis komik premium yang bisa dibeli langsung oleh para pengunjung. Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan fitur baru untuk membina komunitas — contohnya fitur Mural.

Sebelum bisa dijual sebagai komik premium, kiriman komik yang masuk akan diseleksi oleh Ngomik.com. Hanya komik yang memenuhi standar kualitas tim editorial yang akan dipajang dan bisa dibeli para pembaca.

Ada dua mekanisme pembayaran yang bisa dipilih. Yang pertama adalah deposit (dengan melakukan transfer) dan yang kedua adalah dengan fasilitas potong pulsa.

Menurut penjelasan Ngomik.com yang saya terima via email, proses deposit dengan melakukan transfer ke rekening Ngomik.com terbilang sederhana. Setelah proses transfer selesai, saldo deposit pengguna akan bertambah dan bisa digunakan untuk membeli komik premium.

Sedangkan untuk potong pulsa, pengguna pertama-tama harus memasukkan nomor telepon seluler (saat ini khusus pelanggan Telkomsel). Setelah itu pengguna harus memverifikasi dengan mengirim SMS “ngomik ver” ke 9296. Kemudian pengguna akan mendapatkan SMS balasan berupa kode aktivasi — yang kemudian dimasukkan di halaman profil.

Seorang pengguna yang sudah terverifikasi bisa membeli komik premium dan secara otomatis pulsanya akan terpotong. Mekanisme ini diharapkan bisa diterima di pasar Indonesia mengingat banyaknya pengguna telepon seluler sehingga memudahkan proses pembelian komik.

Pembagian keuntungan akan berjalan 60:40 untuk Ngomik.com dan komikus — setelah dikurangi biaya dari pihak ketiga seperti operator.

Para komikus dapat menentukan sendiri harga jual komik mereka (dari Rp 500 sampai Rp 10 ribu) dan melihat langsung data penjualan komik mereka.

Sementara itu, fasilitas Mural memungkinkan komikus untuk mengutak-atik tampilan mural di profil mereka dengan mengubah warna latar belakang atau menggantinya dengan gambar tertentu. Komikus juga bisa menggamit komikus lain, seperti di Twitter.

Ngomik.com saat ini memiliki 2.043 komik di situs mereka dan 5.623 pengguna aktif. Mereka tinggal menyediakan komik yang bermutu dan menarik untuk dijual, apalagi layanan seperti Ngomik.com bukan satu-satunya. Komikoo juga menyediakan fasilitas premium namun dengan metode yang berbeda.

Apakah Anda mau membeli komik di Ngomik.com?
0 Komentar untuk "Ngomik.com : Portal Bagi Para Pecinta Komik"

Apa komentar Anda mengenai artikel di atas tadi?
(U comment I follow)
Apa Maksudnya?KLIK DI SINI
Untuk para blogger yg blog nya ingin di FOLLOW atau SEKEDAR dikunjungi, silahkan isi komentar kamu disertai alamat blog mu.. nanti ane follow.. follow balik ya.. :D

Diharap jangan spamming di sini ya!!