Cara Baru Berhenti Merokok: dengan dikirimi SMS Berhenti Merokok, Apa bisa?

Inggris - Pecandu rokok terbukti berhasil berhenti merokok setelah menerima SMS dukungan moral selama enam bulan.

Dr Caroline Free, melakukan percobaan untuk membantu orang berhenti merokok. Caranya, ia melakukan program txt2stop, yakni mengirim SMS dukungan kepada orang-orang yang kecanduan rokok.

Partisipan program ini adalah 5.800 orang perokok, dan SMS dukungan moral itu hanya dikirim ke 2.915 perokok saja, sementara sisanya tidak menerima SMS.

Program ini dilakukan selama enam bulan. Pada lima minggu pertama, tiap partisipan dikirimi lima SMS sehari. Lalu 26 minggu sisanya, mereka dikirimi tiga SMS per minggu. Partisipan juga boleh membalas SMS itu untuk minta saran saat mereka sedang merasa sangat kecanduan.

Program yang dilakukan ini terbukti berhasil membantu orang berhenti merokok. Sebanyak 10,7% dari 2.915 pecandu rokok menerima SMS itu berhenti merokok. Tapi mereka yang tidak menerima SMS, memang ada yang berhenti merokok, tapi jumlahnya hanya 4,9%.

Bunyi SMS-nya begini, "Untuk memudahkan, alihkan perhatianmu pada hal lain dan pikirkan strategi untuk menghadapi stres," atau "Cukup! BERHENTI! HARI INI adalah saatnya BERHENTI, kamu bisa!" dan "Hari ke-4. Masih kecanduan? Jangan khawatir, besok pasti lebih mudah! Sibukkanlah badan & pikiranmu."

Free yakin, pesan SMS adalah cara tepat untuk memberi dukungan pada perokok untuk bisa berhenti.

"Orang yang menerima SMS dari txt2stop merasa seperti punya teman yang mendukung mereka. Sehingga ini membantu mereka mengatasi dorongan kecanduan rokok," katanya. [mor]
1 Komentar untuk "Cara Baru Berhenti Merokok: dengan dikirimi SMS Berhenti Merokok, Apa bisa?"

Apa komentar Anda mengenai artikel di atas tadi?
(U comment I follow)
Apa Maksudnya?KLIK DI SINI
Untuk para blogger yg blog nya ingin di FOLLOW atau SEKEDAR dikunjungi, silahkan isi komentar kamu disertai alamat blog mu.. nanti ane follow.. follow balik ya.. :D

Diharap jangan spamming di sini ya!!