Anak Hiperaktif Tak Berarti Bodoh


Yogyakarta (ANTARA) - Anak yang hiperaktif tidak selalu identik dengan bodoh atau kurang pintar, tetapi anak hanya tidak dapat memusatkan perhatian dengan baik, kata psikolog dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta MG Adiyanti.
"Anak hiperaktif berisiko tinggi untuk mengalami kegagalan dalam menjalankan tugas-tugas yang terstruktur, sehingga anak membutuhkan keteraturan dan ketekunan berkesinambungan," katanya di Yogyakarta, Minggu.
Menurut dia, hal yang banyak ditemui adalah kegagalan dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, baik di dalam maupun di luar kelas. Bahkan dalam pergaulan sehari-hari, anak hiperaktif sering mengalami kesulitan, terutama dalam mempertahankan pertemanan.
"Hiperaktif memiliki tiga gejala utama, yakni inatensi (tidak dapat memusatkan perhatian), impulsivitas (mereaksi dengan cepat tanpa harus berpikir panjang), dan hiperaktivitas (aktivitas fisik yang berlebihan di atas rata-rata anak seusianya)," katanya.
Ia mengatakan faktor fisiologis dan neurologis serta dampak pola konsumsi obat tertentu merupakan penyebab terjadinya hiperaktivitas. Jika penyebab itu tidak ditemukan, kemungkinan anak tersebut tidak mendapatkan cara pendidikan norma perilaku secara tepat.
"Oleh karena itu, orang tua dan guru di sekolah harus mampu mengatur pola komunikasi dengan anak secara baik. Kebiasaan bertindak kasar dan bersuara keras pada anak sebaiknya dihindarkan," kata dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.
Menurut dia, sekitar 10 persen anak usia sekolah dasar (SD) di Indonesia mengalami perilaku hiperaktif. Anak hiperaktif menunjuk pada ketidakmampuan untuk mengontrol perilaku.
"Kondisi itu mengakibatkan aktivitas melebihi rata-rata anak pada umumnya. Perilaku hiperaktif ini dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, karena anak terkadang tidak bisa memperkirakan dampak dari perilakunya," katanya.
0 Komentar untuk "Anak Hiperaktif Tak Berarti Bodoh"

Apa komentar Anda mengenai artikel di atas tadi?
(U comment I follow)
Apa Maksudnya?KLIK DI SINI
Untuk para blogger yg blog nya ingin di FOLLOW atau SEKEDAR dikunjungi, silahkan isi komentar kamu disertai alamat blog mu.. nanti ane follow.. follow balik ya.. :D

Diharap jangan spamming di sini ya!!